Laman

ESYAKU Tips Kesehatan

Temukan informasi kesehatan terbaru mengenai tips kesehatan, tips kebugaran, keluarga sehat, kesehatan anak dan bayi, macam-macam makanan sehat, berbagai penyakit dan cara mengatasinya.

Kamis, 16 Mei 2013

Olahraga Mata Bisa Memperlambat Kerusakan Mata

Olahraga Mata Bisa Memperlambat Kerusakan Mata - Hallo sahabat ESYAKU ESYAKU Tips Kesehatan, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Olahraga Mata Bisa Memperlambat Kerusakan Mata, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Manfaat, Artikel News, Artikel Olahraga, Artikel Tips, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Olahraga Mata Bisa Memperlambat Kerusakan Mata
link : Olahraga Mata Bisa Memperlambat Kerusakan Mata

Baca juga


Olahraga Mata Bisa Memperlambat Kerusakan Mata

Mata merupakan organ yang sangat vital, jika kita tidak bisa merawat mata kita agar tetap sehat, pasti mata kita akan cepat rusak. Kali ini informasi yang di berikan tentang Olahraga Mata Bisa Memperlambat Kerusakan Mata, mungkin sudah banyak cara menyehatkan mata dari mulai mengkonsumsi makanan hingga mengonsumsi suplemen yang tidak di ketahui akibatnya.

Meskipun kerusakan penglihatan tidak bisa dihindari, tetapi Anda dapat memperlambat prosesnya. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah berolahraga mata.
Olahraga mata dilakukan dengan melatih otot belakang mata. Kegiatan ini akan memperkuat gerakan mata dan meningkatkan sirkulasi darah ke mata. Memang senam mata tidak akan serta merta meningkatkan penglihatan Anda, namun kegiatan ini bisa mengurangi kelelahan mata sehingga membantu mata bekerja lebih baik.

Ada berbagai macam senam mata. Misalnya, dengan duduk tegak di depan meja dan letakkan siku di permukaan. Kemudian gunakan telapak tangan untuk menutup kedua mata dengan lembut. Jangan sampai ada cahaya yang masuk ke mata melalui sela-sela jari, dan lakukan kegiatan ini selama 30 detik.

Senam mata lainnya adalah dengan menutup mata rapat-rapat, lalu arahkan kepala ke atas atap ruangan lalu ke lantai. Lakukan gerakan selama 3 kali, lalu buka mata. Lakukan hal yang sama, tapi kali ini arahkan pandangan ke titik fokus jauh dan dekat, lalu ke kanan dan kiri, selama 3 kali. Untuk hasil terbaik, usahakan tidak menggerakan otot wajah lain kecuali otot mata.

Berikut ini beberapa cara Olahraga Mata Bisa Memperlambat Kerusakan Mata :

1. Konsumsi Wortel
Selain olahraga mata, kemampuan penglihatan bisa dijaga kesehatannya dengan rajin memakan wortel. Selama Perang Dunia II, British Royal Air Force menyebarkan cerita tentang bagaimana seorang pilot pesawat tempur terampil bernama John ‘Mata Kucing’ Cunningham dapat melihat dengan baik saat penerbangan di malam hari lantaran rajin mengonsumsi wortel.

Kisah itu mungkin sekadar cerita ninabobo, tapi wortel memang bermanfaat bagi kesehatan mata Anda. Kandungan beta-karoten pada wortel akan diubah menjadi vitamin A oleh tubuh, inilah yang akan membantu penglihatan Anda awet sehat. Selain vitamin A, vitamin C, vitamin E dan seng juga terbukti mampu menjaga kesehatan penglihatan.

2. Pakai Kacamata Hitam dengan UV Protection
Sinar UV dan bahkan sinar matahari yang memantul dari permukaan reflektif seperti salju atau pasir dapat membahayakan mata. Sinar tersebut diyakini bisa meningkatkan risiko katarak, degenerasi makula, atau pterygium (ketika jaringan di atas putih mata tumbuh ke dalam kornea mata).

Cara terbaik untuk mencegah masalah tersebut adalah dengan memakai kacamata hitam yang memiliki perlindungan UV tinggi. Saat berjalan-jalan di cuaca terik, pakailah kacamata hitam yang menghalangi 99 persen sampai 100 persen dari UVA dan UVB. Kacamata hitam tidak hanya melindungi dari sinar UV yang berbahaya, tetapi juga mengurangi ketegangan mata dari kondisi terang dan melindungi mata dari debu.

3. Penerangan yang Baik

Ruangan yang terlalu gelap akan membuat mata meregang demi bisa membaca atau melihat sesuatu. Jadi, jika Anda mengalami kesulitan melihat atau membaca sesuatu, berilah cahaya tambahan di ruangan Anda. Pencahayaan yang cukup akan membuat mata rileks.

Tapi ingat juga bahwa cahaya terang dapat membuat mata rusak. Terlalu lama terkena cahaya dapat merusak jaringan mata dan mempercepat kerusakan penglihatan. Untuk itu Anda dapat mengurangi kecerahan ruangan dengan meredupkan lampu, menggunakan lampu dengan cahaya lembut atau menutup tirai di siang hari.

4. Sesuaikan Monitor Komputer
Menatap layar komputer sepanjang hari dapat menurunkan kemampuan penglihatan Anda. Jika pekerjaan Anda mengharuskan menatap layar komputer sepanjang hari, maka yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kesehatan mata adalah dengan menyesuaikan kecerahan monitor untuk mengakomodasi kecerahan ruangan.

Layar komputer yang redup di malam hari lebih baik bagi mata Anda daripada layar komputer yang menyala terang. Jika Anda tidak ingin disibukkan dengan aktivitas mengtur kecerahan monitor komputer setiap pagi dan malam, Anda dapat mendownload f.lux, software untuk komputer yang akan membuat layar komputer Anda beradaptasi dengan waktu harian.

Mungkin hanya itu tentang Olahraga Mata Bisa Memperlambat Kerusakan Mata, mudah-mudahan informasi yang sedikit ini bisa bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata kita yang rentan mengalami kerusakan.


Demikianlah Artikel Olahraga Mata Bisa Memperlambat Kerusakan Mata

Sekianlah artikel Olahraga Mata Bisa Memperlambat Kerusakan Mata kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Olahraga Mata Bisa Memperlambat Kerusakan Mata dengan alamat link https://esyaku.blogspot.com/2013/05/olahraga-mata-bisa-memperlambat.html

Terimakasih telah berkunjung dan membaca artikel di ESYAKU Tips Kesehatan, silahkan beri komentar untuk menjadikan blog ini tetap maju dan semakin berkualitas.

Back To Top