Laman

ESYAKU Tips Kesehatan

Temukan informasi kesehatan terbaru mengenai tips kesehatan, tips kebugaran, keluarga sehat, kesehatan anak dan bayi, macam-macam makanan sehat, berbagai penyakit dan cara mengatasinya.

Rabu, 19 Juni 2013

Gejala, Penyebab, Dan Fakta Diabetes

Gejala, Penyebab, Dan Fakta Diabetes - Hallo sahabat ESYAKU ESYAKU Tips Kesehatan, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Gejala, Penyebab, Dan Fakta Diabetes, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Dampak, Artikel Penyakit, Artikel Penyebab, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Gejala, Penyebab, Dan Fakta Diabetes
link : Gejala, Penyebab, Dan Fakta Diabetes

Baca juga


Gejala, Penyebab, Dan Fakta Diabetes

Setiap kali kita memakan makanan yang mengandung gula, jika kita terlalu banyak memakan makanan tersebut bisa saja kita terkena Diabetes. Untuk informasi kali ini kita akan membahas Gejala, Penyebab, Dan Fakta Diabetes, maka dari itu kita lanjut bahasan berikut.

Diabetes mellitus (kencing manis) adalah kondisi di mana tubuh tidak dapat mengatur kandungan gula dalam darah sehingga glukosa atau gula yang biasanya diangkut menuju sel-sel tubuh sebagai sumber energi justru tercecer dalam aliran darah, bahkan ikut terbuang dalam air seni. Pengaturan gula darah oleh tubuh dilakukan dengan bantuan hormon insulin yang berasal dari pankreas

TIPE 1 dan TIPE 2. Diabetes terdiri dari dua jenis:

TIPE 1: Diabetes karena tubuh tidak memproduksi insulin sehingga penderita harus disuntik insulin setiap hari untuk mengendalikan kadar gula darah. Diabetes tipe 1 terjadi pada anak-anak dan remaja dan perkembangannya berlangsung cepat.
TIPE 2: Pada diabetes tipe 2, pankreas memproduksi insulin, namun sel-sel tubuh tidak meresponnya secara normal. Jenis diabetes ini biasanya terkait dengan kegemukan dan beberapa kasus kehamilan serta baru berjangkit pada usia di atas 40 tahun.

Gejala, Penyebab, Dan Fakta Diabetes

FAKTA ANEH

1. Diabetes tidak mengenal berat badan. Orang gemuk maupun orang kurus bisa terkena diabetes. Obesitas berkaitan dengan banyak penyakit kronis seperti diabetes mellitus. Orang bertubuh kurus dan rajin olahraga juga bisa terkena diabetes.
2. Perilaku makan berlebihan bisa bikin gemuk dan memicu penyakit kronis yang sering menyertainya misalnya diabetes melitus.
3. Diabetes secara umum untuk pria datang lebih cepat dari wanita. Wanita bisa terlindungi dari diabetes sampai mencapai usia menopause karena pengaruh hormon wanita estrogen, yaitu hormon reproduksi yang membantu mengatur tingkat gula darah dalam tubuh.
4. Penerbang yang berusia paruh baya mulai banyak yang mengidap gangguan akibat penyakit degeneratif seperti diabetes, kolesterol ataupun cepat lelah. Padahal, syarat kesehatan untuk dapat menerbangkan pesawat tetap sama seperti waktu para penerbang ini masih muda.
5. Sebuah penelitian Pennington Biomedical Research Center menemukan bahwa ada beberapa orang (sekitar 10 persen) yang justru meningkat risikonya terkena penyakit jantung dan diabetes karena rajin berolahraga. Peneliti ini tidak menganjurkan masyarakat untuk mengkhawatirkan hasil temuan ini. Orang-orang yang sudah menjalankan kebiasaaan sehat dengan berolahraga secara rutin sebaiknya tetap melanjutkan kebiasaannya sambil memeriksakan kondisi kesehatannya secara berkala.
6. Diabetes bisa memicu bau tidak sedap pada Mr P. Gangguan metabolisme dan sistem ekskresi pada pengidap diabetes membuat urine terkontaminasi keton, yang merupakan hasil penguraian asam lemak dan berbau tidak sedap.

GEJALA

1. Seseorang dikatakan menderita diabetes bila kadar gula dalam darahnya di atas 126 mg/dl (puasa) atau 200 mg/dl (tidak puasa). Namun, kebanyakan gejala diabetes baru terlihat bila gula darah sudah di atas 270 mg/dl. Jangan mengandalkan gejala untuk mengetahui kehadiran diabetes. Satu-satunya cara yang akurat untuk mengetahuinya adalah dengan tes darah dan urin
2. Dalam kondisi medis tertentu, gejala diabetes ditandai adanya kesemutan yang umumnya memang paling sering dirasakan di tangan, kaki, lengan atau kaki. Selain itu kadang urinenya berbau manis karena kandungan gula yang berlebih.
3. Diabetes melitus pada orang dewasa sering didiagnosis berdasarkan 3 gejala utama, yaitu :
a. Poliuria atau peningkatan buang air kecil
b. Polyphagia atau peningkatan nafsu makan, dan
c. Polidipsia atau peningkatan kehausan.
4. Gejala atau tanda-tanda diabetes yang umum terjadi adalah :
a. Dehidrasi
b. Rasa haus terus-menerus
c. Peningkatan frekuensi buang air kecil / kencing
d. Kelelahan, atau pada kondisi medis tertentu sering terlihat mengantuk.
e. Penurunan berat badan
f. Gangguan penglihatan
g. Penyembuhan luka yang lama

PENYEBAB :

1. Kualitas tidur yang buruk juga berhubungan dengan berbagai risiko penyakit kronis seperti hipertensi, sakit jantung, kegemukan, diabetes dan bahkan kanker.
2. Makan yang berlebihan, terutama makanan, minuman dan buah-buahan yang bergula tinggi.
3. Senang teh manis. Saran : ganti dengan air putih, teh tanpa gula, atau batasi konsumsi gula tidak lebih dari dua sendok teh sehari.
4. Kurang minum dan malas berolah-raga
5. Sering makan gorengan. Saran : ganti dengan kadang jepang, dan pie buah.
6. Suka ngemil. Saran : ganti dengan buah potong segar.
7. Malas beraktivitas fisik.Solusi : berspeda ke kantor.
8. Kecanduan rokok. Solusi : Ganti dengan permen bebas gula. Cara yang lebih progresif adalah mengikuti hipnoterapi. Pilihlah ahli hipnoterapi yang sudah berpengalaman dan bersertifikat resmi.
9. Menggunakan pil kontrasepsi. Solusi : Batasi waktu penggunaan pil-pil hormonal, jangan lebih dari 5 tahun.
10. Takut kulit jadi hitam karena sinar matahari. Solusi: Gunakan krim tabir surya sebelum “berjemur” di bawah sinar matahari pagi selama 10-15 menit.
11. Keranjingan soda. Ganti dengan jus buah tanpa gula.
Dari sisi psikologis, penyakit diabetes menurut sebuah riset disebabkan oleh kebiasaan penderita yang “keras kepala” dan “tidak mau disalahkan”.

DAMPAK

Kadar gula darah tinggi secara lambat laun akan mengakibatkan kerusakan pembuluh darah dan saraf yang mengakibatkan setidaknya 7 Dampak Serius Penyaki Diabtes, yaitu :
1. Gangguan fungsi mata
2. Ginjal / Gagal Ginja dan Saraf
3. Meningkatkan risiko serangan jantung
4. Stroke
5. Bagi pria dapat menyebabkan impotensi dan infertilitas (mandul)
6. Masalah bau badan tidak sedap bisa dipicu oleh komplikasi diabetes.
7. Tanpa disadari ingin makan berlebihan. Hal ini terjadi karena pada penderita diabetes, sel-sel tubuhnya menjadi resisten terhadap insulin. Dengan demikian, glukosa tidak dapat masuk ke dalam sel dan otak tidak mendapatkan sinyal yang mengindikasikan kelaparan. Hal ini menyebabkan makan berlebihan atau polyphagia.

SOLUSI

1. Pencegahan diabetes tergantung dari faktor gaya hidup termasuk apa saja yang dikonsumsinya. Karenanya meski memiliki berat badan yang ramping misalnya, memilih pola makan yang tepat tetaplah hal yang penting.
2. Tidurlah dengan waktu yang cukup. Waktu istirahat yang cukup bisa mengurangi kecenderungan makan berlebihan, selain itu masalah tidur bisa memicu obesitas, diabetes dan juga gangguan fungsi jantung.
3. Bagi ibu hamil penderita hepatitis yang mau melahirkan, sebaiknya melahirkan di rumah sakit. Karena menurut Mayo Clinic, ibu dengan diabetes, tekanan darah tinggi, atau penyakit kronis lebih berisiko jika melahirkan di rumah.
4. Hindari buah-buah tertentu mengandung kadar gula yang tinggi, seperti : duren, kurma basah, nenas, mangga, sawo dan anggur.
5. Pilih minyak nabati, ikan dan alpukat, dan hindari minuman berenergi dan alkohol.
6. Cukup makanan berserat karena serat akan membantu Anda merasa lebih kenyang dan itu bertahan lebih lama serta membantu Anda mengatasi diabetes, selain akan memperbaiki kesehatan pencernaan. roti gandum, sayuran maupun oatmeal, buah-buahan, kacang, kacang polong beku, Biji Chia (Chia Seed), Bawang Merah, Bulgur, Buah Kiwi, dan Apel
7. Ganti minuman bersoda atau minuman manis dengan banyak minum air putih.
8. Menjaga tubuh tetap bugar, sehat dan langsing.
9. Olahraga teratur sesuai usia

Itulah informasi kali ini tentang Gejala, Penyebab, Dan Fakta Diabetes, mudah-mudahan informasi yang singkat ini bisa bermanfaat.


Demikianlah Artikel Gejala, Penyebab, Dan Fakta Diabetes

Sekianlah artikel Gejala, Penyebab, Dan Fakta Diabetes kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Gejala, Penyebab, Dan Fakta Diabetes dengan alamat link https://esyaku.blogspot.com/2013/06/gejala-penyebab-dan-fakta-diabetes.html

Terimakasih telah berkunjung dan membaca artikel di ESYAKU Tips Kesehatan, silahkan beri komentar untuk menjadikan blog ini tetap maju dan semakin berkualitas.

Back To Top