Laman

ESYAKU Tips Kesehatan

Temukan informasi kesehatan terbaru mengenai tips kesehatan, tips kebugaran, keluarga sehat, kesehatan anak dan bayi, macam-macam makanan sehat, berbagai penyakit dan cara mengatasinya.

Jumat, 30 September 2016

ESYAKU Tips KesehatanSterol dan Stanol sebagai Pengendali Kolesterol

ESYAKU Tips KesehatanSterol dan Stanol sebagai Pengendali Kolesterol - Hallo sahabat ESYAKU ESYAKU Tips Kesehatan, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul ESYAKU Tips KesehatanSterol dan Stanol sebagai Pengendali Kolesterol, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Berita Kesehatan, Artikel Diet, Artikel Diet Berat Badan, Artikel gaya hidup sehat, Artikel Makanan, Artikel Manfaat, Artikel Obat Alami, Artikel Proetein, Artikel Telur, Artikel tetap sehat, Artikel Tidur, Artikel Tips, Artikel tubuh sehat, Artikel Vitamin, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : ESYAKU Tips KesehatanSterol dan Stanol sebagai Pengendali Kolesterol
link : ESYAKU Tips KesehatanSterol dan Stanol sebagai Pengendali Kolesterol

Baca juga


ESYAKU Tips KesehatanSterol dan Stanol sebagai Pengendali Kolesterol

Sterol dan Stanol sebagai Pengendali Kolesterol

 
Sudah menjadi rahasia umum bahwa konsumsi obat-obatan yang mengandung komposisi kimia statin merupakan salah satu cara yang efektif dalam mengendalikan kolesterol. Namun demikian, terlalu banyaknya konsumsi zat kimia sintetis akan memiliki dampak yang kurang baik terhadap kesehatan organ yubuh lain seperti hati dan ginjal. Menurut hasil riset yang pernah dilakukan, dikatakan bahwa suatu zat yang disebut sterol dan stanol yang berasal dari tumbuhan ternyata bisa juga digunakan untuk mengendalikan kadar kolesterol total dalam darah. Sterol dan stanol sebagai pengendali kolesterol ini ternyata jauh lebih aman digunakan daripada penggunaan statin.
Data dan fakta Sterol dan Stanol

Berikut ini beberapa data dan fakta seputar bahan makanan yang mengandung sterol dan stanol sebagai pengendali kolesterol sebagaimana diolah dari berbagai sumber, yaitu:

Sayur dan buah
Beberapa jenis sayur-sayuran dan buah-buahan seperti kacang tanah, kacang kedelai, apel, pisang, anggur, melon, buncis, brokoli, kembang kol, gandum dan beras merah merupakan bahan makanan yang memiliki kadar sterol dan stanol yang tinggi.

Turunkan LDL
Sterol dan stanol pada beberapa jenis sayuran dan buah di atas berguna untuk menurunkan kadar kolesterol LDL sebesar 10% dengan jumlah asupan harian sebesar 20 gram setiap harinya atau setara dengan dua gelas jus jeruk yang telah difortifikasi sterol.

Trigliseril dan HDL
Walaupun konsumsi berbagai jenis makanan yang telah difortifikasi sterol dan stanol sebagaimana di sebutkan di atas telah tercukupi, namun faktanya kadar trigliseril dan HDL dalam darah tidak akan mengalami peningkatan atau konstan, sehingga diperlukan asupan makanan lain yang berguna untuk meningkatkan kadar HDL dalam darah seperti minyak zaitun.

Penyerapan vitamin
Walaupun banyak sekali vitamin yang larut dalam lemak seperti vitamin A, D, E, dan K, konsumsi makanan yang mengandung sterol dan stanol tidak akan mengganggu penyerapan berbagai jenis vitamin tersebut, sehingga kebutuhan tubuh akan kadar vitamin harian akan tetap terpenuhi.

Demikianlah data dan fakta mengenai bahan makanan yang mengandung sterol dan stanol sebagai pengendali kolesterol. Walaupun sterol dan stanol cukup efektif dalam menurunkan kadar kolesterol seperti halnya statin, namun akan lebih baik apabila pengendalian kadar kolesterol dalam darah juga diimbangi dengan melakukan kegiatan olahraga secara rutin agar keseimbangan hormonal dalam tubuh tetap terjaga. Semoga bermanfaat.


Demikianlah Artikel ESYAKU Tips KesehatanSterol dan Stanol sebagai Pengendali Kolesterol

Sekianlah artikel ESYAKU Tips KesehatanSterol dan Stanol sebagai Pengendali Kolesterol kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel ESYAKU Tips KesehatanSterol dan Stanol sebagai Pengendali Kolesterol dengan alamat link https://esyaku.blogspot.com/2016/09/esyaku-tips-kesehatansterol-dan-stanol.html

Terimakasih telah berkunjung dan membaca artikel di ESYAKU Tips Kesehatan, silahkan beri komentar untuk menjadikan blog ini tetap maju dan semakin berkualitas.

Back To Top