Laman

ESYAKU Tips Kesehatan

Temukan informasi kesehatan terbaru mengenai tips kesehatan, tips kebugaran, keluarga sehat, kesehatan anak dan bayi, macam-macam makanan sehat, berbagai penyakit dan cara mengatasinya.

Sabtu, 08 Oktober 2016

ESYAKU Tips Kesehatan Waspadai Komplikasi Diabetes Pada Wanita Hamil

ESYAKU Tips Kesehatan Waspadai Komplikasi Diabetes Pada Wanita Hamil - Hallo sahabat ESYAKU ESYAKU Tips Kesehatan, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul ESYAKU Tips Kesehatan Waspadai Komplikasi Diabetes Pada Wanita Hamil, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel kehamilan, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : ESYAKU Tips Kesehatan Waspadai Komplikasi Diabetes Pada Wanita Hamil
link : ESYAKU Tips Kesehatan Waspadai Komplikasi Diabetes Pada Wanita Hamil

Baca juga


ESYAKU Tips Kesehatan Waspadai Komplikasi Diabetes Pada Wanita Hamil

 Waspadai Komplikasi Diabetes Pada Wanita Hamil

 Diabetes. Ya, penyakit yang sering disebut sebagai penyakit gula ini adalah salah satu penyakit yang mematikan, karena berhubungan dengan organ tubuh, yaitu pankreas. Pankreas adalah kelenjar ludah perut yang merupakan alat pencernaan yang terletak di belakang rongga perut. Pankreas berfungsi menghasilkan enzim pencernaan dan hormone penting lain seperti insulin. Insulin itu sendiri berfungsi untuk membantu tubuh untuk menyimpan kandungan makanan agar tidak menghilang begitu saja dalam air seni. Jadi hormon ini sangatlah penting untuk metabolisme dalam tubuh. Untuk dapat bertahan hidup, penderita diabetes harus melakukan salah satu dari dua hal, yaitu mengurangi makanannya atau menyediakan insulin dalam jumlah yang cukup untuk memenuhi kebutuhan tubuhnya. Penyakit diabetes bahkan dapat menimbulkan berbagai komplikasi, baik itu yang bersifat akut maupun kronik, seperti kerusakan pembuluh darah jantung, ginjal, hati maupun otak. Hal ini tentunya sangat berbahaya, apalagi jika terjadi komplikasi diabetes pada wanita hamil, karena selain menyerang sang ibu, diabetes dapat berimbas pada bayi yang sedang dikandungnya, bahkan dapat menyebabkan keguguran.
Mengapa Terjadi Diabetes?

Seperti yang telah disinggung diatas, diabetes sangat erat kaitannya dengan organ tubuh yang disebut pankreas. Pankreas berfungsi menghasilkan enzim pencernaan dan hormone penting seperti insulin. Jika tubuh kekurangan insulin, dapat menyebabkan naiknya kadar gula yang terkandung dalam darah, sedangkan sel-sel tubuh sendiri tidak mendapat persediaan yang cukup dari makanan yang dimakan. Kelebihan kadar gula atau glukosa tersebut akan ikut dibuang bersama air seni. Inilah yang disebut dengan diabetes. Jika keadaan ini berlangsung secara terus-menerus, orang yang menderita diabetes akan semakin lemah bahkan pada akhirnya bisa menyebabkan kematian karena kekurangan zat-zat makanan tersebut. Pada awalnya, penyakit diabetes tidak menunjukkan gejala-gejala hebat dan memang gejala awal tidak terlihat secara nyata. Biasanya, jika penyakit diabetes sudah mulai berkembang, penderita akan sering merasa haus, sering buang air seni, sering merasa lapar, sering kesemutan, pandangan mata menjadi kabur, cepat lelah dan mengantuk, dan berat badan menjadi turun drastic meskipun sering makan.
Diabetes pada Wanita Hamil

Diabetes pada wanita hamil tentunya sangat membahayakan. Komplikasi diabetes dalam masa kehamilan adalah infeksi yang dapat menyerang sang ibu, seperti infeksi Mycosis alat kelamin. Masalah gigi dan gusi serta cystitis juga biasanya merupakan komplikasi dari diabetes. Selain itu sang ibu hamil juga sering mengalami hipertensi, gangguan penglihatan, gangguan pernapasan, ginjal dan kerusakan hati. Tentunya ini sangat berbahaya. Bayi yang menderita diabetes biasanya memiliki berat badan yang jauh lebih berat daripada bayi pada umumnya. Lebih besar berat badan bayi, maka kemungkinan terkena diabetes juga lebih besar. Diabetes pada wanita hamil menyebabkan bayi tidak bisa dilahirkan secara normal. Oleh karena itu, wanita hamil sangat dianjurkan untuk rutin mengontrol kadar gula darah dan menerapkan gaya hidup sehat dengan makanan yang sehat pula.


Demikianlah Artikel ESYAKU Tips Kesehatan Waspadai Komplikasi Diabetes Pada Wanita Hamil

Sekianlah artikel ESYAKU Tips Kesehatan Waspadai Komplikasi Diabetes Pada Wanita Hamil kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel ESYAKU Tips Kesehatan Waspadai Komplikasi Diabetes Pada Wanita Hamil dengan alamat link https://esyaku.blogspot.com/2016/10/esyaku-tips-kesehatan-waspadai.html

Terimakasih telah berkunjung dan membaca artikel di ESYAKU Tips Kesehatan, silahkan beri komentar untuk menjadikan blog ini tetap maju dan semakin berkualitas.

Back To Top